Cara Menghapus History Lokasi dan Aktivitas Data di Google (engadget.com)

Untuk memberikan hak kontrol kembali kepada pengguna, Google mulai meluncurkan fitur kontrol hapus otomatis untuk riwayat lokasi dan data aktivitas di perangkat iOS dan Android. 

Google pertama kali mengumumkan pembaruan ini di blog pada bulan Mei kemarin, tetapi sekarang Anda dapat mencobanya sendiri dan mengatur timer untuk menghapus informasi sensitif secara otomatis.

Ini bukan alat yang kuat dalam mengontrol privasi yang telah diperkenalkan Google dalam beberapa tahun terakhir, tetapi sedikit kontrol lebih baik daripada tidak sama sekali. 

Cara Menghapus History Lokasi dan Aktivitas Data di Google


Jika Anda menuju ke hub kontrol aktivitas di situs web Google, Anda dapat mengetuk tombol biru "Kelola Aktivitas" di bawah "Aktivitas Web & Aplikasi" serta "Riwayat Lokasi" untuk menemukan opsi baru berlabel "Pilih untuk menghapus secara otomatis." 

Ketuk pilihan tersebut, dan Anda akan diberikan pilihan untuk menyimpan data sampai Anda menghapusnya secara manual, atau menyimpannya selama 3 atau 18 bulan sebelum secara otomatis dihapus, seperti yang disadur dari bgr.com (27/6/2019).

Meskipun kontrol hapus otomatis tidak berfitur lengkap seperti yang diinginkan beberapa pengguna, memiliki kemampuan untuk mengatur timer dan tidak khawatir tentang apakah riwayat lokasi dan data aktivitas web Anda akan mengambang di sekitar Internet selamanya adalah pilihan yang cukup bagus. 

Anda sudah memiliki kemampuan untuk mematikan pelacakan Google atau menghapus data secara manual, pilihan tersebut penting ketika menyangkut masalah privasi.

Kontrol hapus otomatis sudah tersedia di sebagian iPhone dan mungkin di beberapa perangkat Android. Namun, jika Anda belum melihat pengaturannya, jangan khawatir. Fitur kontrol hapus otomatis baru saja diluncurkan secara global minggu ini, jadi mungkin perlu beberapa hari untuk muncul.

Post a Comment