Desas-desus yang beredar di pasaran mengatakan bahwa Samsung sedang mempertimbangkan melepas jack headphone 3.5mm di kedua flagship 2019 dan 2020. Smartphone flagship yang dimaksud yaitu Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy S11. 

Jika laporan terbaru dari GSMArena.com (10/10/2018) ini akurat, berarti handset Galaxy generasi mendatang akan memerlukan earbud USB-C, headphone nirkabel, atau USB-C ke adapter 3.5mm.

Ya, laporan milik outlet Korea ETnews, mengklaim Samsung akan melepas port headphone 3.5mm dari semua perangkat yang diluncurkan setelah musim gugur 2019. Itu berarti Galaxy S10 mendatang serta Galaxy S10 Plus bisa menjadi smartphone andalan terakhir dengan jack headphone 3.5mm. 

Asalkan Samsung tetap dengan jadwal rilis khasnya, Galaxy Note 10, yang biasanya diluncurkan pada bulan Agustus, kemungkinan akan menjadi ponsel bermerek Samsung pertama yang diluncurkan tanpa jack 3.5mm. Setelah itu, menyusul Samsung Galaxy S11 pada awal 2020 juga tidak dibekali dengan jack headphone.

Alasan Samsung Menghilangkan Jack Headphone 3.5mm


Gebrakan baru ini dilakukan Samsung karena headphone nirkabel menjadi semakin populer dan menurut Strategy Analytics, pasar earphone nirkabel global akan berkembang sebesar 73,9 juta unit pada 2019 dan lebih dari 100 juta unit pada 2022. 

Itu sekitar 42 persen pertumbuhan dalam tiga hingga empat tahun. Laporan mengklaim bahwa Samsung sedang mencari opsi untuk menghilangkan jack di ponsel yang dirilis setelah musim gugur tahun depan sehingga Galaxy Note10 atau Galaxy S11 kemungkinan akan hadir dengan satu port yang kurang. 

Hal ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas baterai atau menggunakan ruang sisa untuk sesuatu yang lain. Konon katanya, Samsung generasi mendatang akan mengadopsi kapasitas baterai yang lebih besar, sehingga jack headphone 3.5mm dihilangkan.

Namun satu hal yang pasti, untuk saat ini dongle USB-C to 3.5mm akan hadir di box ritel. Ya, menurut laporan ETnews, Samsung akan menyertakan dongle USB-C-to-3.5mm gratis di box.

Post a Comment