Konsol Game Terbaik untuk MacBook (macworld.com)

Ternyata MacBook juga bisa digunakan untuk main game pakai konsol. Ada beberapa konsol game populer yang mendukung untuk memainkan game di MacBook. Walau sebagian mungkin harus menggunakan perangkat tambahan agar permainan berjalan lancar. Setidaknya ada 6 konsol game terbaik untuk MacBook.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua konsol game ini berfungsi di semua game. Ada beberapa jenis game yang membutuhkan konsol game tertentu, apalagi kalau dimainkan di MacBook.

Berikut beberapa konsol terbaik untuk main game di MacBook, seperti yang dilaporkan Macworld.com (15/10/2018).

1. Sony DualShock 4 PlayStation 4

Konsol PlayStation 4 (macworld.com)
Konsol PlayStation 4 (macworld.com)


Anda beruntung jika Anda memiliki PlayStation 4. Sony mungkin termasuk perusahaan yang secara kejam menolak crossplay dengan sistem konsol lain. 

Meski begitu, Sony satu-satunya pembuat konsol utama yang membuat adaptor resmi yang sebagian ditujukan untuk pengguna MacBook. 

Anda cukup beli Adapter Nirkabel USB DualShock 4 seharga $ 60 (Rp 900 ribuan), lalu hubungkan ke MacBook Anda, dan pengontrol DualShock 4 Anda siap digunakan untuk main game di MacBook.

Tetapi jika Anda tidak ingin membayar $ 60, Anda dapat mencolokkan pengontrol langsung ke MacBook Anda dengan kabel USB Mikro. 

Seharusnya cara ini bekerja dengan baik. Jika Anda mengalami masalah, Anda dapat melihat apakah MacBook Anda mengenali perangkat dengan benar dengan membuka About This Mac, klik System Report, lalu USB, dan lihat apakah Wireless Controller sudah terdaftar.

Cara lainnya, Anda dapat memasangkannya melalui Bluetooth. Pertama, buka menu Bluetooth di bawah System Preferences. Kemudian, atur kembali DualShock 4 dengan menyelipkan klip kertas ke dalam lubang kecil di dekat tombol L2 Dual Shock (di bagian belakang). Tahan selama beberapa detik.

Setelah itu, aktifkan Mode Penemuan DualShock4 dengan menahan tombol Share and PlayStation sekaligus selama beberapa detik. Tak lama setelah itu, kontroler akan muncul di menu Bluetooth. Mudah bukan?

2. Kontroler Xbox 360

Konsol Xbox 360 (macworld.com)
Konsol Xbox 360 (macworld.com)


Banyak kalangan masih mengklaim kontroler Xbox 360 yang sudah tua menjadi gamepad terbaik untuk PC, dan sejauh yang kami ketahui, itu tetap berlaku untuk MacBook juga. 

Sayangnya, perangkat ini tidak mengalami peningkatan apa pun dari pihak Microsoft sendiri. Anda bahkan tidak dapat memasangkan versi nirkabel melalui Bluetooth. Jadi Anda harus tetap menyambungkannya dengan kabel terlepas dari model apa yang Anda gunakan.

Untungnya, berkat Frantic Rain modder, Anda dapat membuatnya berfungsi hanya dengan mengunduh driver dari Github. Ini berfungsi dengan sempurna (asalkan Anda tidak menggunakannya secara nirkabel). 

Cukup unduh file .dmg, jalankan, dan biarkan menginstal. Anda kemudian harus menyalakan ulang MacBook, dan setelah boot, Anda akan melihat kontroler Xbox 360 di baris bawah System Preferences Anda. 

Bahkan lebih baik, FranticRain terus memperbaruinya. Anda hanya perlu menjalankan macOS 10.11 (El Capitan) atau yang lebih baru agar kontroler Xbox 360 berfungsi di MacBook.

3. Kontroler Xbox One

Konsol Xbox One (macworld.com)
Konsol Xbox One (macworld.com)


Mod dari FranticRain yang kami sebutkan di atas juga dapat berfungsi pada Xbox One, tetapi tidak semudah itu. Anda masih harus menghubungkannya ke MacBook melalui kabel USB Mikro.

Anda mungkin juga perlu menuju ke System Preferences, klik pada Xbox 360 Controllers di bagian bawah (dengan asumsi Anda telah menginstal mod), lalu klik Advanced.

Di bagian bawah, Anda akan melihat opsi untuk Pretend to be an Xbox 360 kontroler. Sampai sini, seharusnya Anda tidak akan mengalami masalah. 

Banyak pengguna lain mengklaim bahwa ini berfungsi dengan baik tanpa opsi ini untuk beberapa game, tetapi itu hanya berfungsi jika kami memeriksa opsi ini di MacBook, MacBook Pro, dan iMac. 

Sebagai pengingat, jika Anda memasang mod FranticRain untuk pertama kalinya, Anda harus memulai ulang MacBook sebelum diterapkan.

4. Steam Kontroler

Kontroler Steam (macworld.com)
Kontroler Steam (macworld.com)


Jadi ini bukan kontroler konsol, tetapi Steam Controller yang dirancang untuk digunakan dengan Steam's Big Picture mode, yang memberikan pengalaman seperti konsol rumah untuk perpustakaan PC dan game MacBook dari Steam. 

Tetapi bagi kami yang terpenting, kontroler ini sepenuhnya bekerja dengan Steam on the MacBook di luar kotak. Cukup colokkan adaptor USB (dengan dongle) dan perangkat kontroler ini akan bekerja dengan baik.

Tentu, ini kedengarannya hebat. Steam Controller sangat nyaman dipegang dan terlihat keren. Valve mendesainnya dengan tombol sentuh melingkar. 

Kami tidak akan menyarankan untuk membelinya semata-mata karena kemudahan pengaturannya, tetapi itu adalah opsi yang layak jika Anda sudah membelinya untuk PC Anda.

Jika Anda terbiasa menggunakan konsol game PlayStation, mungkin akan sedikit kesulitan menggunakan Steam Controller.

5. Nintendo Pro Wireless Kontroler

Konsol Nintendo Pro Wireless (macworld.com)
Konsol Nintendo Pro Wireless (macworld.com)


Nintendo Pro Wireless terhubung melalui kabel USB-C, sangat mudah untuk mengaturnya, setidaknya jika Anda bermain game melalui klien beta Steam. 

Di sini, Anda akan menemukan dukungan untuk kontroler Nirkabel Pro di bawah Preferensi > Kontroler, di mana Anda akan memilih gunakan tata letak tombol Nintendo sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan kebingungan dari kontroler Nintendo yang bertindak seperti untuk Xbox. 

Anda juga dapat menggunakan sakelar Joy Con reguler Switch dengan MacBook jika Anda memasangkannya melalui antarmuka Bluetooth di Preferensi Sistem. Masalahnya adalah Mac akan mendaftarkan mereka sebagai dua pengendali terpisah.

6. DualShock 3 PlayStation 3

Konsol PlayStation 3 (macworld.com)
Konsol PlayStation 3 (macworld.com)


DualShock 4 adalah konsol terbaik untuk bermain game di MacBook dengan kontroler PlayStation, tetapi Anda akan baik-baik saja jika Anda hanya memiliki pendahulunya, yaitu DualShock 3 PlayStation 3. 

Namun, Anda tidak akan mendapat dukungan dari adaptor resmi Sony dan Anda mungkin harus memutarnya secara nirkabel. Proses pairing untuk DualShock 3 agak rumit (dan tidak dijamin untuk berfungsi, dilihat dari laporan dari pengguna lain), itulah sebabnya mengapa kami mencantumkannya terakhir.

Pertama, atur ulang kontroler dengan menyelipkan klip kertas di lubang kecil di bagian belakang kontroler di dekat tombol L2. Tahan selama beberapa detik. Tujuannya untuk mengganti perangkat lain yang sudah terhubung sebelumnya. 

Setelah itu, pasang DualShock 3 ke ke MacBook dengan kabel pengisian USB Mikro. Tekan tombol PlayStation dan kemudian empat lampu di bagian atas kontroler akan menyala. 

Saat Anda melihat lampu menyala, lepaskan kabel. Anda akan segera melihat permintaan pemasangan dari sistem Anda untuk PlayStation3 Controller. Jika sistem meminta kode akses, maka masukkan kode 0000.

Seharusnya konsol PlayStation 3 berfungsi di MacBook. Meski begitu, banyak orang mengklaim PlayStation 3 tidak selalu berfungsi pada macOS versi lama. Selain itu, sebagian orang mengklaim bahwa mereka tidak pernah melihat permintaan kode.

Jadi, jika Anda memang ingin main game di MacBook menggunakan konsol, sebaiknya pilih konsol terbaru yang benar-benar bisa berjalan di MacBook.

Post a Comment