Ratusan Daftar Pinjol Legal dan Ilegal Terbaru Wajib Tahu

Daftar pinjol legal dan ilegal dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara berkala. Daftar pinjaman online (pinjol) ini telah diperbarui.
Daftar Pinjol Legal dan Ilegal (mommiesdailycom)


Teknolagi.net - Daftar pinjol legal dan ilegal dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara berkala. Daftar pinjaman online (pinjol) ini terakhir dirilis pada 9 Oktober 2023. 

Daftar tersebut mencantumkan 101 pinjol yang memiliki izin OJK. Selain itu, pada 31 Maret 2024, daftar tersebut dirilis pada 18 April 2024 melalui Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Pasti) OJK. 


Satgas Pasti menemukan 537 entitas pinjol ilegal di berbagai situs web dan aplikasi dari Februari hingga Maret 2024. Selain itu, ia menemukan 48 konten penawaran pinjaman pribadi (pinpri) dan 17 entitas penawaran investasi atau kegiatan keuangan ilegal lainnya.

Daftar Pinjol Legal


Supaya mereka tidak tertipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, masyarakat harus mengetahui daftar pinjol legal. Untuk diketahui, OJK telah menetapkan aturan baru yang berkaitan dengan pinjol mulai 1 Januari 2024. 

Penerima dana hanya dapat meminjam sebesar lima puluh persen dari gaji mereka, menurut Kompascom, Sabtu (11/11/2023). 

Batas peminjaman uang di pinjol adalah sebagai berikut: lima puluh persen pada tahun pertama setelah SEOJK didirikan (2024), empat puluh persen pada tahun kedua setelah SEOJK didirikan (2025), dan tiga puluh persen pada tahun ketiga setelah SEOJK didirikan (2026). 

Selain itu, penerima dana hanya dapat meminjam uang di tiga pinjol. Komunitas yang ingin mengetahui daftar pinjol yang sah per April 2024 dapat melihat rinciannya di sini.

Daftar Pinjol Ilegal


Untuk mencegah masyarakat terjebak dengan bunga pinjol ilegal yang melanggar aturan OJK, Satgas Pasti telah merilis daftar pinjol ilegal. 

Dengan meminjam dana di pinjol legal, masyarakat juga dapat mencegah debt collector tidak bertanggung jawab mengintimidasi mereka. Daftar pinjol yang melanggar hukum per April 2024 dapat ditemukan di sini.

Semoga dengan adanya pembaruan daftar pinjol legal dan ilegal ini masyarakat Indonesia bisa lebih waspada dan ada yang tertipu lagi.

Pinjaman online legal sudah banyak dan resmi. Sekarang tinggal membandingkan saja kelebihan dan kekurangan pinjol tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel Teknolagi.net. Jangan lupa follow Instagram @teknolaginet.

Posting Komentar