Gedung Cyber Kebakaran Sejumlah Layanan Digital Terdampak

Teknolagi.net - Gedung Cyber ​​1 yang terletak di Kuningan, Jakarta Selatan, diduga mengalami kebakaran. Mulat Wijayanto, Direktur Humas Damkar  Jakarta, mengatakan 22 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. 


Seperti yang Anda ketahui, Gedung Cyber ​​1 adalah rumah bagi sejumlah perusahaan teknologi, mulai dari penyedia web hosting, perusahaan perangkat lunak, penyedia layanan internet, hingga perusahaan keamanan jaringan. 

Baca juga:


IPOT

 

Oleh karena itu, kebakaran yang terjadi di lokasi ini juga menimpa beberapa departemen. Salah satunya adalah Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi IPOT, yang mengumumkan bahwa layanan mereka masih terputus dan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu. 


“Saat ini kita menghadapi situasi force majeure dimana data center kita di gedung Cyber ​​Mampang mengalami kebakaran yang mengakibatkan kegagalan jaringan data beberapa perangkat, termasuk termasuk IPOT, tidak dapat digunakan untuk sementara waktu,” demikian laporan dari akun media sosial resmi. 


Selain Indo Premier Sekuritas, layanan lain yang juga melaporkan gangguan transaksi adalah Ajaib Investasi. Melalui akun media sosialnya, perusahaan mengatakan transaksi akan terganggu sementara akibat kebakaran di pusat data. 


Hosting 


Di sisi hosting, perusahaan yang melaporkan masalah tersebut adalah Niagahoster. Berkat informasi yang diunggah ke jejaring sosial, Niagahoster mengatakan layanannya  untuk sementara down. 


Namun, sejak unduhan terakhir, layanan ini berangsur-angsur membaik. "Saat ini, server jaringan sedang berjalan dan jaringan individu telah dibuat, sehingga situs web perlu diakses dengan benar," tulis perusahaan itu. 


Sebelumnya, penyedia web hosting Rumahweb Indonesia juga mengiklankan hal yang sama. Melalui akun Twitter resmi @rumahwebtweet, perusahaan mengatakan segera memutus aliran listrik ke data center untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 


“Untuk mencegah  hal yang tidak diinginkan, aliran listrik di data center diputus sehingga semua server Rumahweb  di data center  tidak dapat dijangkau,” cuit pengguna tersebut. 

 

Game Portal 


Terakhir, portal game online Indonesia, Megaxus Infotech, juga mengumumkan bahwa mungkin ada masalah koneksi dengan game di platform mereka, karena masalah di pusat data. 


"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas perhatian Anda," tulis perusahaan itu. Game yang termasuk dalam portal ini adalah Audition AyoDance, Fatal Raid SEA Invasion dan Audition AyoDance Mobile.


BPBD


Tidak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta juga turut terdampak atas kebakaran di gedung cyber.


Di akun Twitter mereka sudah mengumumkan bahwa terdapat gangguan layanan call center 112. Sehingga call center tersebut tidak dapat dihubungi untuk sementara waktu.


Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih. 

Post a Comment