Cara Menghapus Vokal Lagu secara Online Tanpa Aplikasi (iconcollective.edu)

Kalau mau membuat file lagu karaoke, seseorang harus menghilangkan vokal lagu agar suara tidak bertumpuk. Nah, cara menghapus vokal lagu ini ternyata cukup mudah. Pasalnya, Anda tidak perlu menjadi pengedit lagu profesional. 

Sekarang edit lagu sudah semudah edit video. Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi karena fitur vocal remover sudah tersedia di beberapa situs website online. Dari situs tersebut, Anda bisa mengedit audio imput, menghapus vokal lagu, mengatur kualitas audio, mixing of vocals, dan lain sebagainya.

Situs-situs ini juga mendukung trek stereo dan menggunakan teknik Stereo Out Of Phase untuk menghapus vokal dari trek lagu. Sebagian situs website juga menyediakan fitur untuk melihat pratinjau hasil editan. 

Fitur lain yang cukup berguna adalah menyesuaikan frekuensi untuk memotong vokal, mengganti kualitas audio output, pilihan codec MP3, WAV, dan lain-lain.

Cara Menghilangkan Vokal Lagu secara Online Tanpa Aplikasi


1. Vocalremover.org


Proses hapus menghapus vokal lagu sangat mudah menggunakan situs Vocalremover.org. Anda cukup mengunggah audio lalu mengaktifkan mode karaoke. Dengan begitu vokal audio akan terhapus secara otomatis sesuai dengan frekuensi filter default.

Apabila hasil keluaran lagu kurang bagus, Anda bisa mengubah frekuensi dan mengaturnya ke 115 atau sesuai keinginan Anda. Di samping itu, Anda juga bisa mengubah jenis codec, seperti MP3, WAV, OGG, hingga kualitas audio di antaranya 128, 320, 256, atau 192 kbps.

2. X-minus.pro 


Nah, yang satu ini merupakan situs website favorit untuk menghilangkan vokal lagu, alamat lengkapnya X-minus.pro/vocal-cut. Anda dapat menghilangkan vokal dari mono sampai stereo track. Anda cukup memilih jenis input mono atau stereo kemudian dihapus vokalnya. 

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah pengguna bisa mengatur panning vokal ke kiri atau ke kanan menggunakan slider. Ada juga peningkatan treble dan slider frekuensi cut off. Atur semuanya sambil mendengarkan hasil output. 

Jika hasil editan sudah bagus, Anda dapat menyimpan trek output sebagai file MP3 atau WAV. Namun, jika belum bagus, trek tersebut dapat diedit kembali sesuai dengan keinginan.

3. Vocalremover.com


Salah satu situs website yang bagus untuk menghapus vokal lagu adalah Vocalremover.com. Sekilas situs ini sama dengan alamat situs di nomor pertama, tapi hanya berbeda domain saja. 

Situs ini sudah mendukung file MP3, WAV, dan FLAC. Sayangnya, situs hanya membatasi hapus vokal dengan output 30 detik. Jadi, apabila lagu Anda berdurasi 10 menit, maka yang keluar cuma 30 detik pertama saja. 

4. Audioalter.com


Ingin hapus vokal lagu secara online? Anda bisa menggunakan situs Audioalter.com/vocal-remover/. Di situs ini Anda dapat menghapus vokal lagu hingga kapasitas 20 MB. Dukungan audio yang tersedia seperti file MP3, WAV, OGG, dan FLAC.

Sistem penghapus vokal akan dilakukan otomatis. Sehingga pengguna tidak perlu repot mengatur bagian mana yang harus dihapus, panning vokal, potong frekuensi, dan lain sebagainya. Durasi penghapusan vokal terbilang cepat yakni 2-3 detik. Kemudian file output siap diunduh.

5. Remove-vocals.com


Terakhir, Anda bisa berkunjung ke situs Remove-vocals.com untuk menghapus vokal lagu. Situs ini menggunakan extractor yang dapat membuat trek karaoke dari lagu file MP3 dan WAV.

Layanan ini bisa dinikmati gratis hingga 2 lagu per minggu. Vokal akan terhapus otomatis melalui sistem kecerdasan buatan yang didasaran pada spleeter.

Sayang, lagu yang bisa dihapus hanya berdurasi sampai 10 menit dan berkapasitas 80 MB. Durasi dan kapasitas lagu dibatasi agar tidak membuat server bekerja lambat atau lemot. Setelah lagu selesai dihapus vokalnya, Anda dapat langsung mengunduh lagu tersebut.

Baca juga:

Kesimpulan


Demikian beberapa situs website untuk menghapus vokal lagu secara online tanpa aplikasi. Jadi, Anda tinggal mengunggah lagu, kemudian situs tersebut akan menghapus vokalnya secara otomatis. Setelah itu, file output bisa diunduh kembali.

Semudah itu bukan? Proses penghapusan vokal juga berjalan cepat, bahkan kurang dari 5 detik. Hasil penghapusan mungkin tidak sama, tetapi kualitas instrumen lagu karaoke bisa dikatakan bersih dari vokal audio.

Post a Comment