Sebagai pengguna smartphone Android, pastinya Anda tidak asing dengan layanan Google Play bukan? Layanan ini sangat penting, karena berkaitan dengan aplikasi yang Anda gunakan. Nah, ternyata penggunaan Google Play ini sering kali menimbulkan masalah yang akan mempengaruhi kinerja aplikasi Android yang sedang dijalankan.

Sering sekali bukan jika saat membuka aplikasi, tiba-tiba terdapat peringatan aplikasi telah berhenti? Kondisi ini tentunya akan membuat Anda tidak nyaman, terlebih bagi Anda yang terbiasa multitasking saat memegang Android. Agar masalah pada Google Play teratasi, tentunya Anda perlu memperbaiki layanan aplikasi tersebut.  

Ketahui Terlebih Dahulu, Apa itu Layanan Google Play?

Google Play merupakan suatu aplikasi bawaan Android yang menghubungkan dengan aplikasi Android dan layanan Google lainnya. Google Play tidak sama dengan Google Play Store dan layanan ini tidak dapat diberhentikan ketika Anda menggunakan Android.

Yang perlu Anda ketahui bahwa Google Play tidak akan membuat Anda boros penggunaan data internet. Terlebih bagi Anda yang mengandalkan kuota internet untuk menjalankan aplikasi Android. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir, karena layanan ini tidak akan membuat baterai HP menjadi lebih cepat habis.   

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Ketika layanan Google Play terhenti, Anda akan mengalami masalah ketika membuka aplikasi Android. Selain itu, biasanya Anda juga tidak bisa melakukan update atau mengunduh aplikasi baru.

Hal ini biasanya terjadi karena beberapa penyebab, seperti berikut ini:

  1. Pengaturan waktu yang tidak sesuai.

  2. Masalah pada koneksi internet.

  3. Layanan Google Play mengalami crash.

Cara Memperbaiki Layanan Google Play

Jika penyebab dari layanan Google Play terhenti, tentunya untuk memperbaikinya menjadi cukup mudah. Cara berikut ini bisa Anda coba terapkan untuk semua merek HP Android.

  1. Pastikan Layanan Google Play Sudah Diperbaharui

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaharui layanan Google Play. Hal ini perlu Anda lakukan agar fungsi Google Play bisa kembali normal.

Untuk memperbaharuinya, buka ‘Setelan’ > klik ‘Aplikasi dan Notifikasi’ > klik ‘Layanan Google Play’ > Klik ‘Detail Aplikasi’ > klik ‘Update’ atau ‘Instal’. Jika tidak ada opsi ini, Anda cukup melakukan hingga mengklik Layanan Google Play saja.

  1. Hapus Cache dan Data di Layanan Google Play

Anda juga perlu menghapus cache dan data di layanan Google Play. Untuk caranya, buka ‘Setelan’ > klik ‘Aplikasi dan Notifikasi’ > klik ‘Layanan Google Play’ > klik ‘Penyimpanan’ > pilih ‘Hapus Cache’ dan ‘Hapus Data’.

Baca juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

  1. Hapus Cache dan Data di Layanan Google Play Store

Selain layanan Google Play yang harus dibersihkan, layanan Google Play Store juga perlu Anda bersihkan dari cache dan data. Caranya, buka ‘Setelan’ > klik ‘Aplikasi dan Notifikasi’ > klik ‘Google Play Store’ > ‘klik Penyimpanan’ > pilih ‘Hapus Cache’ dan ‘Hapus Data’. Kemudian Anda juga perlu masuk ke Google Play Store dan mengunduhnya kembali.

Baca juga : Cara Menghapus Cache Android

Kesimpulan

Ketika layanan Google Play terhenti tiba-tiba, Anda tidak perlu panik. Coba cara di atas yang akan membuat aplikasi Android Anda bisa berfungsi seperti sediakala.

Post a Comment