Fortnite di Google Play Store (play.google.com)

Sebelumnya Epic Games sudah meluncurkan Fortnite di Android. Namun, saat itu Fortnite tidak ada di Google Play Store karena Epic Games dan Google terlibat 'perseteruan'. Sekarang keduanya sudah 'baikan' dan Fortnite bisa diunduh di Google Play Store.

Ya, diketahui Fortnite mobile sudah tersedia di Google Play Store sejak tanggal 20 April 2020. Dua hari berada di Google Play Store, game tersebut sudah diunduh sekitar 100 ribu kali.

Gamer tidak hanya bisa memainkan PUBG Mobile, Garena Free Fire, dan Call of Duty Mobile. Soalnya, mereka juga bisa memecahkan kebosanan dengan memainkan Fortnite.

Fortnite di Android


Tahukah Anda, sebenarnya Fortnite sudah tersedia di platform Android sejak kuartal ketiga tahun 2018. Namun, Epic Games meluncurkan Fortnite Android tanpa mendaftarkannya di Google Play Store.

Jadi, pengguna Android bisa main Fortnite dengan cara unduh aplikasi di website resminya. Ternyata ini dilakukan CEO Epic Games untuk membangun relasi langsung dengan para pemain.

Selain itu, perusahaan ingin mendapatkan keuntungan tanpa harus berbagi dengan Google. Soalnya, game yang terdaftar di Google Play Store harus berbagi penghasilan 30 persen kepada Google.

Alasan Epic Games Masukkan Fortnite ke Google Play Store


Sekarang Epic Games memasukkan Fortnite ke Google Play Store karena ulah Google Play Protect. Sebenarnya Google memperbolehkan aplikasi atau game diunduh di luar Google Play Store.

"Google menempatkan perangkat lunak yang dapat diunduh di luar Google Play dalam posisi yang kurang menguntungkan. Langkah-langkah teknis seperti pop-up keamanan dan notifikasi berulang-ulang yang menakutkan dapat mengganggu pengguna," kata juru bicara Epic Games, seperti yang disadur dari Techcrunch.com (22/4/2020).

Namun, semenjak kehadiran Google Play Protect, Google jadi bisa memblokir aplikasi dan game yang diperoleh dari luar Google Play Store. Selain itu, pemain yang mengunduh Fortnite di luar Google Play Store akan mendapat pop-up keamanan dan notifikasi berulang-ulang yang menakutkan serta mengganggu pengguna.

Nah, karena alasan itulah, Epic Games mendaftarkan Fortnite ke Google Play Store. Dari sini tentu Epic Games tidak puas karena harus berbagi pendapatan dengan Google. Mereka ingin Google merevisi kebijakan agar pengembang bebas menjangkau pelanggan.

"Kami berharap Google akan merevisi kebijakan dan urusan bisnisnya dalam waktu dekat, sehingga semua pengembang bebas untuk menjangkau dan terlibat dalam perdagangan dengan pelanggan di Android dan di Play Store melalui layanan terbuka, termasuk layanan pembayaran, sehingga dapat bersaing di lapangan," kata Epic Games.

Meski begitu, sekarang pengguna jadi lebih mudah mengunduh game Fortnite mobile. Mereka tidak perlu ke website resmi dan cukup menuju ke Google Play Store.

Post a Comment