Spesifikasi PS5 atau Playstation 5 (playstationlifestyle.net)

Sebelumnya, Microsoft sudah mengungkap spesifikasi Xbox Series X. Sony tak mau kalah dan akhirnya ikut memberitahukan spesifikasi PS5 atay Playstation 5 terbaru.

Mark Cerny, selaku Lead System Architect of Playstation 5 mengatakan bahwa Sony akan menggunakan media penyimpanan SSD Solid State Drive dan meninggalkan HDD Hard Disk Drive.

Baca juga: 40 Game dan Aplikasi Paling Banyak Diunduh 10 Tahun Terakhir

Alasan Menggunakan SSD


Alasannya SSD mempunyai performa 10 kali lebih cepat dari HDD. Untuk membaca sebuah game, SSD hanya butuh waktu 2,7 detik saja. Sedangkan HDD bisa menghabiskan waktu 20 detik untuk membaca sebuah game.

"Pada hard disk, dua pertiga waktu dihabiskan untuk mencari lokasi data dan sisa waktu lainnya untuk memuat data. Total waktu 20 detik untuk memuat game. Ini dinilai terlalu lambat," terang Mark.

Kapasitas SSD PS5


Sony bakal menyediakan memori SSD internal sebesar 825 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut bisa diperbesar dengan slot SSD tambahan. Selain itu, ada pula port USB untuk perangkat HDD eksternal.

Nah, fungsi harddisk eksternal ini untuk memainkan game Playstation 4 melalui HDD. Sehingga bila pengguna kangen main game PS4, mereka juga bisa memainkannya di PS5.

Prosesor PS5


Playstation 5 mengusung prosesor AMD Zen 2 (octa-core) dengan kecepatan 3,5 GHz dan prosesor grafis RDNA 1 dari AMD. Sementara memori RAM PS5 berkapasitas 16 GB.

Dukungan Gambar 8K


Hebatnya lagi, PS5 terbaru ini mendukung gambar di resolusi 4K dan 8K. Konsol game ini juga dapat membaca game dari piringan UHD Ultra High Definition Blue Ray.

Game Pertama di PS5


Gearbox Publishing dan studio game Counterplay resmi mengumumkan Godfall sebagai game pertama yang dapat dimainkan di Playstation 5 atau PS5.

Godfall sendiri merupakan game RPG Role Playing Game dengan mekanisme gameplay slasher. Game ini bernuansa dunia fantasi yang bisa dimainkan dari sudut pada orang ketiga. Game Godfall dapat dimainkan juga di PC lewat Epic Game Store.


Kapan Playstation 5 Diluncurkan?


Tanggal pasti peluncuran PS5 belum diketahui, tetapi Sony menyebut akan menghadirkan konsol Playstation 5 pada akhir tahun 2020 mendatang. Kemungkinan PS5 dirilis saat menjelang Natal dan Tahun Baru.

Post a Comment